Services

Pages

Pages

Saturday 19 January 2013

Motor mogok saat banjir


Musim penghujan telah tiba, hampir setiap hari langit mengeluarkan air matanya, khususnya ibu kota jakarta jika langit g berhenti berhenti menangis maka hal ini akan menyababkan masalah baru yaitu banjir. ya banjir sudah menjadi budaya tahunan bagi kota kota besar seperti jakarta. oke bro langsung saja masuk bahasan cekidot... apabila bro n sista kebetulan harus melintasi banjir, maka harus layak diperhatikan bagi para bikers or pengendara lain  seberapa genangan air yang akan kita lewati, pastikan genangan air yang akan kita lalui aman untuk kendaraan kita, batasan aman untuk melintas bagi sepeda motor adalah
  • Pastikan cop busi anda aman untuk melaluinya
  • Pastikan genangan yang anda lalui lebih rendah dari posisi filter udara
  • Pastikan cvt or transmisi otomatis anda aman untuk melaluinya (buat motor matic)
  • Jika melalui genangan banjir pastikan Rpm mesin kendaraan anda tetap stabil tidak naik turun, karena hal ini mencegah air masuk ke mesin melalui lubang knalpot.
Jika setelah anda melalui genangan air kemudian mesin anda mati ada beberapa hal yang harus diperiksa :

  • Yang jelas dorong dulu kendaraan anda hingga ke daratan yang tidak ada genangan air (ya iyalaaah)
  • Pastikan kunci dalam kondisi off
  • Buka filter udara, untuk memeriksa apakah ada air masuk atau tidak, jika filter anda terkena air sebaiknya jangan digunakan lagi
  • Kuras bensin dalam karburator melalui baut penguras (jika memungkinkan dibongkar sebaiknya dibongkar karburatornya)
  • Buka busi pada kendaraan anda
  • Setelah busi terbuka kick / engkol kendaraan anda beberapa kali (tanpa memutar/menarik gas)  bertujuan mengeluarkan air jika terdapat air pada ruang bakar atau mesin.
  • Bersihkan/keringkan cop busi dan businya
  • Periksa oli kendaraan anda melalui deep stick apakah oli mesin sudah bercampur dengan air atau masih aman, jika oli bercampur dengan air warnanya menjadi seperti kopi susu, jika oli anda bercampur dengan air sebaiknya di kuras beberapa kali dengan oli bekas yang masih lumayan bagus baru setelah itu ganti dengan oli yang baru (hal ini mencegah kerusakan pada bearing2, piston, stang piston, noken as dll)
  • Jika motor matic periksa selang pembuangan air pada bagian cover CVT, biasanya ada selang bagian bawah paling belakan, buka selang tersebut untuk mengeceknya.
  • Jika oli normal, kemudian busi sudah kering, karburator sudah di kuras, coba untuk dipasang semua kecuali filter udara, setelah itu coba untuk di hidupkan beberapa kali.
  • Jika masih belum hidup segera periksaan kendaraan anda ke bengkel.
  • Untuk motor yang sudah Fuel Injeksi kemungkinan bahan bakar tercampur air itu sangat minim kecuali motor terendam hingga tangki, untuk penyelesaian sementara berfokus pada filter udara, busi, ruang bakar, dan sistem kelistrikan. jika pemeriksaantersebut sudah dilakukan namun motor belum jg hidup silahkan bawa motor anda ke bengkel resmi terdekat.
Beberapa kemungkinan kerusakan akibat banjir

  • Water hammer : terjadi benturan antara udara, bahan bakar dan air yang terjadi di dalam ruang bakar, hal ini terjadi apabila ketika motor mati langsung di paksa untuk di hidupkan, efek water hammer antara lain piston pecah, stang piston bengkok, klep bengkok, cylinder  rusak dll.
  • Bearing2 dalam mesin rusak, indikasinya mesin kasar setelah dipakai beberapa waktu
  • Short circuit/ konslet, hal ini disebabkan karena air masuk kesela sela socket yang kemudian air tersebut berfungsi sebagai konduktor, akhirnya beberapa rangkain terhubung dengan rangkaian lain. 
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment