Services

Pages

Pages

Wednesday 5 October 2016

Pilih mana Yamaha NMax VS Aerox /NVX Kira-Kira ???









Penjualan Yamaha Nmax saat ini seperti kacang goreng laris manis, sukses diterima masyarakat, dengan performance,fitur, teknologi serta harga jual yang sesui. Sukses dengan Nmax rupanya membuat pabrik yang berlogo garputala terus mengembangkan motor matic bongsor, berita yang santer terdengar sebentar lagi akan lahir Xmax 250 cc dan Aerox/NVX, kabarnya Xmax akan menjadi kakaknya Nmax dan Aerox/NVX akan menjadi adiknya Nmax, Xmax maupun Aerox/NVX untuk Indonesia namanya masih bersifat tentatif.
Dalam artikel ini mencoba menerawang performance antara Aerox/NVX dan Nmax. Dari segi kabarnya mesin Aerox/NVX menggunakan mesin Nmax yaitu 4 Stroke, 155 cc, 4 Katub, Berpendingin Cairan, VVA (Valve Variable Actuation), CVT (Transmisi Otomatis),dari paparan tadi power mesin kurang lebih samalah dengan Nmax jika pun berbeda pasti tidak begitu berasa, yang mungkin dirubah paling maping ECU dan bagian CVT. 
Dari segi Fitur Aerox/NVX kayaknya lebih advance dari Nmax deh diantaranya Speedometer Digital 5.8 Inch *sdh kayak smartphone android aja ya hehe, serta Smart Key System, ini yang tidak dimiliki oleh Nmax tapi yang paling menarik adalah Speedometernya itu cak... jiaaan guuedee tur komplit..













Beralih ke frame atau rangka, kemungkinan besar rangka sama dengan Nmax yaitu tipe Delta Shape, dengan Tangki Bahan Bakar berada di depan bawah sejajar dengan kaki, Bagasi dibawah jok berkapsasitas 25 L Nmax Hanya 23 L, dengan suspensi depan hidrolic, suspensi belakang 2 shochbreaker, rem depan cakram single piston rem belakang tromol, Ban depan  110 mm 14 inch ban belakang 140 mm 14 inch. 















Yang menarik adalah perbedaan di kaki-kaki kenapa karena jika dibandingkan dengan Nmax ban depan 110 mm 13 inch dan yang belakang  130 mm 13 inch hal ini akan terasa berbeda dari segi handling terutama jika melintasi jalan yang bumpy, berlubang atau jalan rusak jika diameter roda semakin kecil maka akan lebih terasa guncangannya dibanding roda berdiameter besar. Karena itu naik bus lebih terasa nyaman kalo melintasi jalannya yang bumpy, berlubang atau jalan rusak karena rodanya berdiameter besar jarak roda yang bertentuhan dengan medan jalan dan sumbu roda semakin jauh, Jadi menurut teori diatas handling Aerox/NVX lebih nyaman dibanding Nmax.
Berlanjut kebagian pengereman, jika Nmax menggunakan pengereman depan belakan sudah cakram bahkan ABS, namun untuk Aerox/NVX dilihat dari teaser video yang tersebar bagian rem belakang masih menggunakan Tromol, sebenarnya lebih ciamik kalau memakai rem cakram tapi mungkin faktor harga yang kabarnya dibawah Nmax maka inilah konsekuensinya, untuk yang depan blm tau apakah ada versi ABS atau tidak, untuk hal ini Nmax lebih unggul.
Kemudian dari segi ergonomi pembonceng atau kenyamanan pembonceng, jok Nmax lebih datar dibanding jok Aerox/NVX, jika berbicara kenyamanan tentu jok yang datar lebih nyaman ketimbang jok yang tinggi karena jok yang tinggi biasanya mbrosot ketika jalanan turun atau dilakukan pengereman mendadak, kemudian posisi duduk tidak sejajar dengan pengendara menyebabkan pegangan pembonceng ke pengendara kurang nyaman.
untuk ergonomi pengendara belum bisa diterawang jika belum mengendarai secara langsung.itu tadi jabaran penerawangan hanya berdasarkan dari gambar, jadi belum tentu sama hasilnya dari melihat secara langsung.
Jadi Pilih mana nie Aerox/NVX or Nmax..??, kalau ga hati-hati menentukan harga bisa bahaya nie marketnya Nmax, ya paling tidak harganya selisih dikit sama vario 150 lah


No comments:

Post a Comment