Services

Pages

Pages

Tuesday 30 December 2014

Cara sederhana mendeteksi Motor Injeksi Yang Mogok

Semua motor saat ini sudah menggunakan Sistem Fuel Injection ,Sistem fuel Injection berperan dalam pemasukan bahan bakar dan pengapian, padahal syarat utama mesin dapat hidup normal adalah Pemasukan Bahan bakar yang Baik, Pengapian yang Baik, dan Kompresi yang Baik.Walaupun masuk kategori motor yang mempunyai usia relatif muda tidak menuntut kemungkinan motor akan terjadi mogok, mesin tidak bisa hidup dan bermasalah jika salah satu dari 3 syarat tersebut diatas ada yang tidak normal. Pada kesempatan kali ini saya akan coba share beberapa langkah sederhana mendeteksi motor injeksi yang mati/mogok.cekidot...

  1. Pastikan apakah ada kedipan atau nyala lampu pada indikator kerusakan pada speedo meter, setiap pabrikan mempunyai cara membaca yang berbeda-beda untuk pendeteksian kerusakan dari speedo meter.
  2. Pastikan aki motor dalam kondisi normal, walaupun ada beberapa motor injeksi yang bisa hidup tanpa aki, itu hanya bersifat sementara, karena sensor sensor dan ECU(otak dari sistem injeksi) itu disett menggunakan arus DC(aki).
  3. Pastikan Fuel Pump(yang berfungsi memompa bensin dari tangki ke injector) berbunyi ketika kunci kontak ON
  4. Pastikan tidak ada konslet kelistrikan pada motor injeksi
  5. Pastikan bensin/bahan bakar tidak tercampur dengan air.
  6. Pastikan kondisi mesin Fit (Kompresi normal) untuk memebahas masalah kompresi silahkan baca artikel ini.

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment