Services

Pages

Pages

Thursday 24 February 2011

Transmisi motor matic (cvt)


  Bagi temen-temen yang ingin share ataupun pengen belajar masalah otomotif ,tidak salah buat buka blog ini, yang sudah pinter-pinter ayo mari  kita saling tuker pikiran, biar  ilmu kita semakin berkembang, naaaa bagi yang ingin belajar ,,,ini ada sedikit artikel  barang kali bisa bermanfaat.

Pada bahasan kali ini saya akan coba bahas masalah  cvt atau sistem tramnisi pada motor matic, mungkin banyak orang yang sudah familiar dengan kata itu, tapi mungkin juga masih ada juga yang Belum tahu maknanya bahkan maknanya.
saat ini sistem transportasi khususnya roda dua di ramaikan berbagai varian,merk,trend dan yang lain-lain,,,
tapi yang mungkin  perlu di sorot adalah tentang kendaraan matic, kenapa demikian
dulu saat muncul motor transmisi otomatis atau matic pertama  di launch, banyak  yang memandang kendaraan ini ádalah kendaraan aneh, so konsumen indonesia pada saat itu memandang sebelah mata pada spesies motor ini, tapi saat ini motor ini adalah motor yang paling populer diantara motor-motor spesies lain.


Ada beberapa faktor mengapa motor ini begitu banyak di minati...
  1. Motor matic mudah untuk dikendarai.
  2. Rata-rata motor mempunyai model yang keren
  3. Motor matic sangat flaksibel,bisa dikendarai siapa saja dan dimana saja.
  4. Motor matic sangat nyaman.
  5. Harganya mudah di jangkau semua kalangan.
  6. Life style / gaya hidup.


Namaun demikian dari beberapa keunggulan atau kelebihan tersebut pasti ada kompensasi untuk membayar semua itu,yaitu perawatan, perawatan motor matic ini tidak boleh disamakan dengan motor yang bertransmisi manual,walaupun secara garis besar mesinnya sama dengan motor manual atau sport.

Langsung saja masuk ke bahasan utama tentang motor matic atau sebutan lainnya motor bertransmisikan otomatis.
Sitem transmisi otomatis itu secara tehnik biasa disebut CVT(continous variable transmission).

Secara bahasa CVT
Continous adalah terus menerus,berkelanjutan sambung menyambung dan msh banyak arti lainya.
Variable adalah berubah-ubah atau tidak tetap.
Transmission adalah penyaluran perpindahan atau penularan.

Secara tehnik CVT
Adalah sistem penyaluran atau perpindahan tenaga yang perubahan kececepatannya berdasarkan rpm mesin atau putaran mesin secara terus menerus.

Jadi untuk merubah kecepatan laju motor atau tenaga tidak perlu merubah atau mengoper gigi seperti pada motor moped atau sport.

Data ini di ambil dari mio, namun secara garis besar semua sistem kerja atau fungsi-fungsi nya sama dengan smua jenis motor matic yang ada saat ini. 

































Saat Rpm rendah Pulley tetap(Primary fixed) dan Pulley bergerak(Primary Sliding Sheave) celah atau jarak antar keduanya masih aga jauh karena Roller / Weight belum mendapatkan gaya sentrifugal yang cukup untuk mendorong Pulley Bergerak (Primary Sliding Sheave).

Saat Rpm menengah hingga tinggi Pulley tetap (Primary fixed) tetap tidak bergerak, yang bergerak dan menekan v belt,hingga terjadi perubahan diameter antara bagian primer dan sekunder hanya Pulley bergerak(Primary Sliding sheave),ini akibat adanya gaya sentrifugal Weight/ Roller dari Rpm mesin yang mampu mendorong Pulley bergerak(Primary Sliding sheave) bergeser.
































Fungsi :
Menghubungkan tenaga dari mesin  ke roda belakang
Cara Kerja :
Gaya sentrifugal yang disebabkan putaran mesin,akan melemparkan sepatu kopling dan terhubung dengan rumah kopling.
Rumah kopling memutarkan roda belakang melalui reduction gear
Berikut ilistrasi gambar berbagai putaran cvt :















No comments:

Post a Comment