Services

Pages

Pages

Friday, 27 September 2013

Motor mogok akibat Kompresi Bocor

Motor mogok itu ga kenal waktu, ga kenal kepentingan, ga kenal panas hujan siang malam, masih baru atau sudah lama, mogok ya mogok aja.. hehe..
oke langsung aja ke bahasan pokok kali ini saya akan mencoba mengupas *kayak bawang aja di kupas, mengupas saudaranya membahas,sebenarnya tulisan ini sudah lama sekali ada didalam draft, lansung saja ya cekidot..
Barang kali ada beberpa teman sudah menemui, or bahkan mengalaminya, motor kesayangan tiba- mati total, na motor or mesin itu untuk bisa hidup dengan ada 3 syarat utama : 1. Kompresi yang baik, 2. Bahan bakar yang baik, 3. Pengapian yang bak, eh tambah 1 lagi boleh deh, orangya yang baik,, kidding sob, cuma 3 yang pertama tadi kok..

Kali ini kita akan membahas yang nomer 1 aja dulu, yg no 2 n 3 nanti ya,,, hehe
Kompresi apa sih kompresi, kompresi tu kalau bahasa jawanya ma tekanan, hehe, iya benar sekali kompresi itu tekanan yang berada di ruang bakar, tekanan itu didapat dari naik turunya piston. na tekanan tersebut ada batas setandarnya biasanya kalau mesin 4 tak 1 cylinder kurang lebih sekitar 600 Kpa ke atas, artinya apabila mesin kompresinya dibawah 600 Kpa besar kemungkinan mesin tidak mau hidup, istilah ini disebut dengan lost compression atau kompresi yang bocor, akibat kompresi yang bocor maka bahan bakar dan udara tidak bisa terbakar dengan baik atau tidak bisa di mampatkan sehingga tidak terjadi ledakan di ruang bakar.

Kira-kira apa penyebab lost compression, banyak hal, diantaranya ruang bakar yang kotor, ring piston yang sudah lemah, paking cylinder head yang bocor, klep yang bengkok dll, yang paling sering terjadi adalah ruang bakar yang kotor, ruang bakar yang kotor juga banyak penyebabnya, yaitu bahan bakar yang jelek, setingan bahan bakar dan udara yang tidak tepat, cara pakai, nah cara pakai juga berpengaruh lho.. iya karena klo motor biasa di ajak pelan maka di dalam mesin pembakaran yang tidak ideal, ada istilah self cleaning dalam ruang bakar, self cleaning adalah pembersihan kerak pada ruang bakar, pembersihan ini terjadi npada suhu sekitar 350-400 derajat celcius, makanya kenapa klo naik mtornya pelan jarang akan terjadi suhu segitu,  biasanya ini terjadi pada motor matic dan penggunanya cewe, maka ga ada salahnya ya minimum seminggu sekali motornya di geber ya g usah kenceng kenceng cukup 100 km/jam aja hehe, g ngajarin kebut-kebutan lho ya... tp ini sekali kali, kemudian untuk mencegah terjadinya penumpukan kerak atau kotoran pada ruang bakar sekali kali dikasih minumnya yang enak, jangan orangnya aja yang makan minum enak, sekali kali motor di beliin pertamax or pertamax plus, di oplos jg gpp.
Indikasi motor lost compression atau kompresibocor adalah, kalau pagi susah hidup, trus tenaganya ngedrop, mesin sering mati mati, semua fungsi kelistrikan normal (kayak electric stater, klakson dll), trus di kick stater/ stater kaki terasa ringan seperti tidak ada tendangan balik gtu...
Itu tadi beberapa penyebab motor lost compression, sekarang cara mengatasi dalam kondisi darurat, kalau memang indikasi seperti diatas maka cara simpel mengatasinya adalah memberikan oli ke ruang bakar melalui lubang busi, kenapa mesti oli karena salah astu fungsi oli adalah sebagai perapat, jadi biar rapet ga ada kebocoran, cara ngisi olinya gimana ???, kalau kondisinya di tengah jalan misalnya, coba cari sedotan apa aja, tapi jangan sedotan aqua kecil itu ma kekecilan hehe,, cari selang aki atau sedotan yang aga besar kemudian sedot oli mesin sedikit aja ya kira-kira 50 cc cukup lah, lalu masukkkan ke lubang busi, setelah itu pasang businya, lakukan kick stater beberapa kali, kemudian ON kan kunci kontaknya, kalau masih belum hidup coba di buka sedikit gasnya, kalau sudah beberapa kai sudah di kick stater maupun electric stater belum hidup juga, langkah terakhir adalah di bawa kebengkel terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.. hehe
sekian semoga bermanfaat

7 comments:

  1. bos punya saya motor beat 2008,mau tanya nieh ceritanya pas jalan pelan mtr saya berenti dan sebelum berenti ada suara srekkk dari arah mesin,pas saya selah kompresinya hilang,,,,menurut mas bro itu kenapa,apa bisa terjadi keteng loncat???

    makasih

    ReplyDelete
  2. sblumnya trimakasih bro sudah mau mampir, mav jarang OL, klo berdasarkan sekilas ceritanya sie , bisa juga timingnya lompat atau meleset, timing meleset akibat keteng yang kendor atau gigi sentrik yang kendor, tapi klo untuk motor2 standart hal ini sangat jarang terjadi bro, sayang ceritanya kurang detail bro jadi rada susah analisanya

    ReplyDelete
  3. mas saya butuh bantuanya dong, sya punya mtor beat th 2008 udh pke seher 53.5mm. tiba2 mati mendadak ga jalan. itu knpa ya mas? pas di cek kompresi klep udah diganti yg bru trus di skir lg trus sil klep gnti yg bru. di stel klep lg udh oke tetep ga jlan. kmudian sya cek pngapian dri cdi msh bgus, busi baru, sikring bgus, itu kenapa ya mas tetep gamau jalan sya smpe stress mkirinya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro andika, ada tiga faktor untuk motor itu bisa hidup dengan normal, 1.Sistem Kompresi yang baik, artinya baik disini adalah tidak bocor, dan sesuai dengan timingnya, 2.Sistem Pengapian yang baik, pengapian yang baik adalah, api yang bisa mebakar bahan bakar dan udara pada saat kompresi, 3.Sistem Bahan bakar yang baik, bahan bakar yang baik adalah campuran antara bahan bakar dan udara yang baik yang sesuai timingnya, na sekarang cob di cek busi sebagai saksi bisu ruang bakar, apakah businya basah atau kering, klo busi terlalu basah artinya banjir, kemungkinan kompresi bocor,timing g pas, dan setingan yg g pas, klo busi kering bisa jadi bahan bakar tidak mengalir ke ruang bakar dengan sempurna, semoga membantu ya bro....

      Delete
  4. bro ane punya satria fu emang jarang ane panasin,nah pas mau nyari sahur,, emang nyala tpi bentar tiba tiba mati, pas ane engkol malah kayak gak ada kompresinya bro, kira kira apanya ya bro,, tiba tiba mati gito... di engkol ringan bgt...

    ReplyDelete
  5. bro ane punya satria fu emang jarang ane panasin,nah pas mau nyari sahur,, emang nyala tpi bentar tiba tiba mati, pas ane engkol malah kayak gak ada kompresinya bro, kira kira apanya ya bro,, tiba tiba mati gito... di engkol ringan bgt...

    ReplyDelete
  6. misi mas
    boleh minta nomer hp atau emailnya mas
    saya mau konsultasi motor saya yang mogok dikit nih
    ni email saya zainiafdlan@yahoo.co.id
    ini nomer hp saya 08117685719

    ReplyDelete