Services

Pages

Pages

Wednesday, 30 January 2013

Komparasi Honda CB 150 R dan Yamaha New Vixion Lighting


Dua raksasa pabrikan sepeda motor yang sedang genjar bersaing di tengah masyrakat Indonesia saling salip salipan mengeluarkan amunisinya. Belum lama ini Honda mengeluarkan beberapa product andalanya diantaranya yang lagi hot untuk di perbincangkan adalah CB 150 R, ya prodak ini di gadang gadangkan AHM akan menjadi salah satu petarung yang akan membuat penjualan motor sport Honda semakin meroket. Peluncuran prodak sengaja hampir di buat secara bersamaan dengan peluncuran Yamaha  New Vixion Lighting Cuma berbeda sekitar satu bulanan, hal ini bertujuan bagaiman head to head penjualan antara CB 150 R dan New Vixion. Sebagai bahan komparasi berikut spesifikasi antara CB 150 R dan New Vixion.



HONDA CB 150 R
YAMAHA NEW VIXION
CHASIS



Panjang x lebar x tinggi
:
2.008 X 719 X 1.061 mm
2.000 X 705 X 1.035 mm
Jarak sumbu roda
:
1.288 mm
1.300 mm
Jarak terendah ke tanah
:
148 mm
167 mm
Berat kosong
:
129 kg
129 kg
Tipe rangka
:
Diamond Steel (Truss Frame)
Delta Box
Tipe suspensi depan
:
Teleskopik
Teleskopik
Tipe suspensi belakang
:
Monoshock  dengan (Pro Link)
Monocross dengan  Link
Ukuran ban depan
:
80/90-17  (Tubeless)
90/80 -17 (Tubeless)
Ukuran ban belakang
:
100/80-17  (Tubeless)
120/70 -17 (Tubeless)
Rem depan
:
Cakram Hidrolik
Cakram Hidrolik
Rem belakang
:
Cakram Hidrolik
Cakram Hidrolik
Kapasitas tangki bahan bakar
:
12 Liter
12 Liter




MESIN



Tipe mesin
:
4 Langkah, 4 Katup, DOHC
4 Langkah, 4 Katup, SOHC


Fuel Injection, Berpendingin Cairan
Fuel Injection, Berpendingin Cairan
Diameter x langkah
:
63,5 X 47,2 mm
57,0 × 58,7 mm
Kapasitas mesin
:
149,48 cm³
149,8 cm³
Cylinder
:
Konvesional cylinder
Diasil cylinder
Piston
:
Konvesional piston
Forged piston
Throtle body
:
Keihin diameter 30 mm
Mikuni diameter 28 mm
Perbandingan kompresi
:
11.0 : 1
10.4 : 1
Daya maksimum
:
12,5 kW (17,0 PS)/10.000 rpm
12,2 kW (16,59 PS)/8.500 rpm
Torsi maksimum
:
13,1 Nm di 8.000 rpm
14,5 Nm di 7.500 rpm
Kapasitas minyak pelumas
:
1,0 Liter
1,0 Liter
Gigi transmisi
:
6 Kecepatan
5 Kecepatan
Sistem pengapian
:
Full Transistorized
T.C.I (Digital)
Aki
:
MF 12 V - 5 Ah
MF 12 V - 3,5 Ah


Dari acuan data diatas bahwa kedua kuda besi tersebut masuk kategori motor sport klas menengah yang menyuguhkan kecanggihan teknologi, style dan performance yang  lumayan.
Yuk mari kita coba kupas...
Dari segi chasis yang kelihatan paling mencolok adalah dari frame, frame CB 150 R menggunakan besi berbentuk bulat bulat atau biasa di sebut dengan tralis, sedangkan new Vixion masih tetap sama dengan Old vixion yaitu mengguanakan frame tipe delta box yang sudah teruji performancenya, kemudian adalah ban, keduanya menggunakan sama-sama menggunakan ring 17 namun lebar dan diameter yang berbeda, New Vixion menggunakan ban dan velg lebih besar, dari segi kenyamanan dan handling pasti lebih stabil menggunakan ban besar, dari segi style tentu juga lebih macho menggunakan ban besar.

Dari segi mesin banyak sekali perbedaannya, kalau performance mesin CB 150 R lebih unggul sedikit di banding New Vixion, mari kita lihat, dari tipe mesin antara DOHC dan SOHC memiliki perbedaan karakter yang sangat ketara, DOHC (Double Over Head Camshaft) antara klep intake dan klep buang masing-masing memiliki noken as/camshaft sendiri sendiri, noken as langsung menekan klep intake dan klep buang. Keuntungan system ini mengurangi gesekan sehingga pembukaan klep lebih responsive. Sedangkan SOHC (Single Over Head Camshaft) satu noken as digunakan untuk membuka dan menutup 2 klep intake dan 2 klep exhaust, tentu hal ini ada sedikit kerugian tenaga karena untuk membuka dan menutup klep masih diperlukan templar/ rocker arm, pembukaan dan penutupan klep tak seresponsive DOHC. Dari system fuel injection CB 150 R masih menggunakan screw untuk penyetelan idling/ stasioner, sedangkan New Vixion idling/ stasionernya tidak bisa di stell jadi otomatis putaran menyesuaikan kondisi, sama seperti mio n soul gt. Kemudian untuk urusan emisi, CB 150 R hanya mengandalkan SASS klo Yamaha itu AIS (Air Induction System) penambahan udara bersih pada gas buang agar gas buang yang keluar pada knalpot ramah lingkungan, cara ini masih tergolong konvensional, dan hanya berfungsi pada dibawah 3.000 rpm, sedangkan New Vixion sudah menggunakan O2 sensor yang mendeteksi gas buang hasil pembakaran kemudian melaporkan data tersebut ke ECU untuk menentukan pembakaran yang ideal. Throtle body antara keduanya juga berbeda yaitu CB 150 R  30 dan New Vixion 28,  hal ini sangat berpengaruh ke konsumsi bahan bakar dan tenaga yang di hasilkan. jika diameter lebih besar, udara yang masuk juga semakin banyak maka otomatis bensin yang masuk keruang bakar juga semakin banyak, dan tenaga juga lebih besar. Beralih ke perbandingan kompresi, CB 150 R lebih besar dari New Vixion, hal ini berpengaruh terhadap daya dorong piston dari hasil pembakaran lebih besar, namun perbandingan kompresi yang tinggi memerlukan nilai oktan bensin yang tinggi pula, dan pada umumnya jenis mesin seperti ini cenderung lebih cepat panas. Lanjut ke torsi maksimum dan daya maksimum, CB 150 R memiliki tenaga puncak yang lebih besar 1,1 PS dari pada New Vixion, untuk putaran bawah lebih lebih besar 1,4 Nm dan lebih cepat 500 rpm artinya New Vixion lebih responsive. 6  Speednya CB 150 R memberikan nafas yang lebih panjang dari pada New Vixion.
Dari pengetesan teman-teman bloger konsumsi CB 150 R  1 liter bensin tembus ±36 Km, sedangkan New Vixion lebih irit yaitu 1 liter bensin mampu menempuh ±50 Km.
Dari kecepatan maksimum CB 150 R tembus ±130 Km/jam dan  New Vixion ±125 Km/jam.

Semoga bermanfaat.

2 comments: