Dua raksasa pabrikan sepeda motor yang sedang genjar
bersaing di tengah masyrakat Indonesia saling salip salipan mengeluarkan
amunisinya. Belum lama ini Honda mengeluarkan beberapa product andalanya
diantaranya yang lagi hot untuk di perbincangkan adalah CB 150 R, ya prodak ini
di gadang gadangkan AHM akan menjadi salah satu petarung yang akan membuat
penjualan motor sport Honda semakin meroket. Peluncuran prodak sengaja hampir
di buat secara bersamaan dengan peluncuran Yamaha New Vixion Lighting Cuma berbeda sekitar satu
bulanan, hal ini bertujuan bagaiman head to head penjualan antara CB 150 R dan
New Vixion. Sebagai bahan komparasi berikut spesifikasi antara CB 150 R dan New
Vixion.
HONDA CB 150 R
|
YAMAHA NEW VIXION
|
||
CHASIS
|
|||
Panjang
x lebar x tinggi
|
:
|
2.008
X 719 X 1.061 mm
|
2.000
X 705 X 1.035 mm
|
Jarak
sumbu roda
|
:
|
1.288
mm
|
1.300
mm
|
Jarak
terendah ke tanah
|
:
|
148
mm
|
167
mm
|
Berat
kosong
|
:
|
129
kg
|
129
kg
|
Tipe
rangka
|
:
|
Diamond
Steel (Truss Frame)
|
Delta
Box
|
Tipe
suspensi depan
|
:
|
Teleskopik
|
Teleskopik
|
Tipe
suspensi belakang
|
:
|
Monoshock dengan (Pro Link)
|
Monocross
dengan Link
|
Ukuran
ban depan
|
:
|
80/90-17 (Tubeless)
|
90/80
-17 (Tubeless)
|
Ukuran
ban belakang
|
:
|
100/80-17 (Tubeless)
|
120/70
-17 (Tubeless)
|
Rem
depan
|
:
|
Cakram
Hidrolik
|
Cakram
Hidrolik
|
Rem
belakang
|
:
|
Cakram
Hidrolik
|
Cakram
Hidrolik
|
Kapasitas
tangki bahan bakar
|
:
|
12
Liter
|
12
Liter
|
MESIN
|
|||
Tipe
mesin
|
:
|
4
Langkah, 4 Katup, DOHC
|
4
Langkah, 4 Katup, SOHC
|
Fuel
Injection, Berpendingin Cairan
|
Fuel
Injection, Berpendingin Cairan
|
||
Diameter
x langkah
|
:
|
63,5
X 47,2 mm
|
57,0
× 58,7 mm
|
Kapasitas
mesin
|
:
|
149,48
cm³
|
149,8
cm³
|
Cylinder
|
:
|
Konvesional
cylinder
|
Diasil
cylinder
|
Piston
|
:
|
Konvesional
piston
|
Forged
piston
|
Throtle
body
|
:
|
Keihin
diameter 30 mm
|
Mikuni
diameter 28 mm
|
Perbandingan
kompresi
|
:
|
11.0
: 1
|
10.4
: 1
|
Daya
maksimum
|
:
|
12,5
kW (17,0 PS)/10.000 rpm
|
12,2
kW (16,59 PS)/8.500 rpm
|
Torsi
maksimum
|
:
|
13,1
Nm di 8.000 rpm
|
14,5
Nm di 7.500 rpm
|
Kapasitas
minyak pelumas
|
:
|
1,0
Liter
|
1,0
Liter
|
Gigi
transmisi
|
:
|
6
Kecepatan
|
5
Kecepatan
|
Sistem
pengapian
|
:
|
Full
Transistorized
|
T.C.I
(Digital)
|
Aki
|
:
|
MF
12 V - 5 Ah
|
MF
12 V - 3,5 Ah
|
Dari acuan data diatas bahwa kedua kuda besi
tersebut masuk kategori motor sport klas menengah yang menyuguhkan kecanggihan
teknologi, style dan performance yang
lumayan.
Yuk mari kita coba kupas...
Dari segi chasis yang kelihatan paling mencolok
adalah dari frame, frame CB 150 R menggunakan besi berbentuk bulat bulat atau
biasa di sebut dengan tralis, sedangkan new Vixion masih tetap sama dengan Old
vixion yaitu mengguanakan frame tipe delta box yang sudah teruji
performancenya, kemudian adalah ban, keduanya menggunakan sama-sama menggunakan
ring 17 namun lebar dan diameter yang berbeda, New Vixion menggunakan ban dan
velg lebih besar, dari segi kenyamanan dan handling pasti lebih stabil
menggunakan ban besar, dari segi style tentu juga lebih macho menggunakan ban
besar.
Dari segi mesin banyak sekali perbedaannya, kalau
performance mesin CB 150 R lebih unggul sedikit di banding New Vixion, mari
kita lihat, dari tipe mesin antara DOHC dan SOHC memiliki perbedaan karakter
yang sangat ketara, DOHC (Double Over Head Camshaft) antara klep intake dan
klep buang masing-masing memiliki noken as/camshaft sendiri sendiri, noken as
langsung menekan klep intake dan klep buang. Keuntungan system ini mengurangi
gesekan sehingga pembukaan klep lebih responsive. Sedangkan SOHC (Single Over
Head Camshaft) satu noken as digunakan untuk membuka dan menutup 2 klep intake
dan 2 klep exhaust, tentu hal ini ada sedikit kerugian tenaga karena untuk
membuka dan menutup klep masih diperlukan templar/ rocker arm, pembukaan dan
penutupan klep tak seresponsive DOHC. Dari system fuel injection CB 150 R masih
menggunakan screw untuk penyetelan idling/ stasioner, sedangkan New Vixion
idling/ stasionernya tidak bisa di stell jadi otomatis putaran menyesuaikan
kondisi, sama seperti mio n soul gt. Kemudian untuk urusan emisi, CB 150 R
hanya mengandalkan SASS klo Yamaha itu AIS (Air Induction System) penambahan
udara bersih pada gas buang agar gas buang yang keluar pada knalpot ramah
lingkungan, cara ini masih tergolong konvensional, dan hanya berfungsi pada
dibawah 3.000 rpm, sedangkan New Vixion sudah menggunakan O2 sensor yang
mendeteksi gas buang hasil pembakaran kemudian melaporkan data tersebut ke ECU
untuk menentukan pembakaran yang ideal. Throtle body antara keduanya juga
berbeda yaitu CB 150 R 30 dan New Vixion
28, hal ini sangat berpengaruh ke
konsumsi bahan bakar dan tenaga yang di hasilkan. jika diameter lebih besar,
udara yang masuk juga semakin banyak maka otomatis bensin yang masuk keruang
bakar juga semakin banyak, dan tenaga juga lebih besar. Beralih ke perbandingan
kompresi, CB 150 R lebih besar dari New Vixion, hal ini berpengaruh terhadap
daya dorong piston dari hasil pembakaran lebih besar, namun perbandingan
kompresi yang tinggi memerlukan nilai oktan bensin yang tinggi pula, dan pada
umumnya jenis mesin seperti ini cenderung lebih cepat panas. Lanjut ke torsi
maksimum dan daya maksimum, CB 150 R memiliki tenaga puncak yang lebih besar
1,1 PS dari pada New Vixion, untuk putaran bawah lebih lebih besar 1,4 Nm dan
lebih cepat 500 rpm artinya New Vixion lebih responsive. 6 Speednya CB 150 R memberikan nafas yang lebih
panjang dari pada New Vixion.
Dari pengetesan teman-teman bloger konsumsi CB 150
R 1 liter bensin tembus ±36 Km,
sedangkan New Vixion lebih irit yaitu 1 liter bensin mampu menempuh ±50 Km.
Dari kecepatan maksimum CB 150 R tembus ±130 Km/jam dan New Vixion ±125 Km/jam.
Walahh wes nduwe blog to kowe le...
ReplyDeletelatihan iseng pa de
ReplyDelete